Selasa, 27 Maret 2012

Tugas 2 - Ilmu Budaya Dasar (Manusia Dan Harapan)

Menumbuhkan Harapan (Manusia Dan Harapan)

Harapan merupakan sesuatu yang dapat memotivasi dan membangun diri kita sendiri menjadi lebih semangat dan niat dalam melakukan sesuatu. Harapan tumbuh dalam diri seseorang sebagai suatu bentuk ungkapan dalam penggambaran sebuah khayalan yang dibayangkan dan bisa berubah menjadi sebuah kenyataan. Proses pengharapan dalam diri memang terjadi begitu saja secara alamiah. Kita tidak dapat mewujudkan suatu harapan apabila kita hanya berdiam diri tanpa melakukan sebuah tindakan. Kita harus tetap bekerja keras dan mempunyai keyakinan bahwa kita dapat meraih serta mewujudkan harapan kita menjadi sebuah kenyataan. Karena keyakinan dan juga doa kita terhadap Yang Maha Kuasa yang akan mengantarkan kita pada sebuah pengharapan yang terwujud menjadi kenyataan.
Faktor yang mempengaruhi seseorang memiliki sebuah harapan yaitu dorongan atau keinginan yang terjadi didalam diri manusia. Harapan tidak lain halnya dengan sebuah cita-cita yang ingin diraih atau dicapai oleh seseorang. Apabila seseorang memiliki sebuah harapan positif dalam dirinya akan menuntut manusia untuk tetap bersemangat dalam hidup.
Faktor lainnya yaitu keinginan akan memenuhi kebutuhan hidup seseorang. Harapan pada pemenuhan kebutuhan secara jasmani dan rohani yaitu menuntut seorang manusia agar dapat bekerja sama dengan baik sebagai makhluk sosial dengan sesama manusia. Proses perwujudan harapan inilah yang membuat manusia memiliki tingkat kepercayaan dan keyakinan akan kemampuan dirinya dalam meraih sebuah harapan atau asa yang diinginkan.
Karena semakin besar usaha yang dilakukan, semakin besar juga peluang dalam mewujudkan sebuah harapan menjadi kenyataan.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar